92 Jemaah Haji Meninggal Dunia

Mekah, Merdeka Pos.com  – Puncak musim haji sudah dimulai. Jemaah haji saat ini dalam proses bergerak ke Arafah. Dari hari pertama sejak pemberangkatan hingga saat ini, tercatat 92 jemaah haji meninggal dunia.Sebelum bertolak ke Arafah jemaah sudah dalam kondisi berihram. Di Arafah, jemaah menginap satu malam di dalam tenda.

 

Fase Armina ini merupakan fase krusial lantaran hampir tiap tahun penyelenggaraan jumlah tertinggi jemaah meninggal dan sakit selalu muncul dari fase puncak yang menguras fisik ini.

 

Sementara itu, Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Minggu (19/8) pukul 09.00 WAS, sebanyak 92 jemaah asal Indonesia telah wafat. Sementara 212 jemaah sedang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dan RS Arab Saudi. Bagi jemaah sakit, besok saat puncak wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah akan disafariwukufkan

Kementerian Agama menjamin badal haji jemaah (haji reguler) yang meninggal sebelum proses haji. Nantinya keluarga dari jemaah yang meninggal akan mendapat sertifikat badal haji tersebut. (Barata/Arief Hidayat)

Author: barata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *